Translate

Jumat, 24 Mei 2013

Check these e-learning sites!

Assalamu'alaikum, 
Ha! It's almost two years since the last time I published my last entry, what can I say, I was being occupied.. (hehe..alasan padahal males aja)

Okay, this time I would like to share several links to support your teaching performance and enhance the students' ability in using Internet as e-learning process.

Here are the sites, to make you easier in understanding the function of each site, I give the description using 'Bahasa'.

1. www.edmodo.com
Situs ini adalah jejaring sosial mirip facebook, namun fungsinya lebih kepada pembelajaran. Situs ini sangat berguna karena di dalamnya kita bisa mengikuti komunitas-komunitas pembelajaran dan melihat link-link baru yang dibagikan oleh para pengguna lain. Fitur-fitur lainnya juga meliputi Penugasan bagi siswa, Jadwal Kegiatan akademik, Perpustakaan virtual (menyimpan alamat dan link-link pembelajaran), serta fitur lainnya yang sangan bermanfaat. Dan ketika anda mendaftar di situs ini anda juga bisa membuat grup dan mengikut sertakan siswa/i anda beserta orang tuanya sehingga berguna dalam proses penyampaian hasil belajar.

2. www.pixton.com
Ini adalah situs untuk aplikasi pembuatan komik digital yang mendukung proses belajar mengajar di kelas. Situs ini sangat menarik, terutama bagi siswa/i dalam proses pembelajaran mereka di kelas, sehingga tidak menjemukan. Mereka dapat membuat tokoh dan nmerancang alur cerita disesuaikan dengan tema dan topik pelajaran yang diberikan oleh guru. Situs ini bisa dijadikan rujukan untuk membuat proyek akhir sekolah, perlombaan, dll. Namun ini adalah situs berbayar, jika kita ingin berlangganan ada beberapa paket khusus yang ditawarkan. Tapi ada paket 30-days-trial bagi guru yang ingin mencoba situs ini.

3. www.zondle.com
Zondle adalah situs dimana kita dapat menciptakan game online berdasarkan soal-soal yang dibuat oleh guru untuk dipecahkan siswa secara bersama-sama maupun secara individual. Bentuk game terbagi menjadi tiga bagian, Soal Pilihan Ganda, Soal Isisan dan Soal analisisi (Betul/Salah). Tampilan game nya pun variatif dengan animasi-animasi yang unik dan menarik, yang bisa disesuaikan dengan usia dan level siswa.

4. www.zunal.com
Berbeda dengan Zondle.com, Zunal.com adalah situs web, dimana guru bisa membuat web pembelajaran berdasarkan topik yang dipilih tanpa harus menuliskan kode HTML (jadi seperti mebuat web instant). Situs ini dapat membantu guru dalam memberikan tugas kepada siswa/i nya, dan atau sebagai acuan rangkuman materi pembelajaran bagi siswa/i untuk kemudian membuka dan meng-uploadnya.

5. www.smore.com
Jika kita ingin membuat brosur atau pamflet sederhana dan menyebarkannya melaui jejaring sosial, smore.com adalah pilihan yang tepat untuk memulainya. Situs ini menawarkan berbagai model pembuatan flyer dan pamflet. Kita bisa mendesain tulisan dan tampilan pamflet yang kita inginkan. Anda cukup mendaftarkan diri (yang bisa dilakukan lewat facebook) dan mulailah berkreasi sepuas hati anda! Tapi, untuk beberapa fitur tertentu, anda perlu berlangganan dan membayar sesuai dengan paket-paket yang disediakan. Well, best thing doesn't come for free! So, they said. ^^

6. www.arcademicskillbuilders.com
Anda guru matematika? bosan dengan buku dan contoh soal-soal yang menjemukkan? Temukan games-games olah otak yang menarik disini, anda bisa membawa permainan ini di kelas dan mencobanya bersama-saama dengan siswa/i anda. Selain Matematika ada beberapa pelajaran lainnya seperti Bahasa Inggris dan Geografi (lebih kepada pengetahuan seputar negara AS) yang bisa anda mainkan.

That's all for now, check out later for other cool sites for cool teachers like YOU!

dee@n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar